animasi flash laju reaksi

Kamis, 21 Februari 2013

Oksigen




Pengertian Oksigen
Oksigen atau zat asam adalah unsur kimia dalam sistem tabel periodik yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Ia merupakan unsur golongan kalkogen dan dapat dengan mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya (utamanya menjadi oksida). Pada Temperatur dan tekanan standar, dua atom unsur ini berikatan menjadi dioksigen, yaitu senyawa gas diatomik dengan rumus O2 yang tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau. Oksigen merupakan unsur paling melimpah ketiga di alam semesta berdasarkan massa dan unsur paling melimpah di kerak Bumi. Gas oksigen diatomik mengisi 20,9% volume atmosfer bumi.

Struktur Oksigen
            Pada temperatur dan tekanan standar,  Oksigen berupa gas tak berwarna dan tak berasa dengan rumus kimia O2, di mana dua atom oksigen secara kimiawi berikatan dengan konfigurasi elektron triplet spin. Di Bumi Oksigen  biasanya berikatan dengan elemen lain secara kovalen atau ionik.

Sifat Fisik Oksigen
·         Oksigen lebih larut dalam air dari pada nitrogen.
·         Kelarutan oksigen dalam air bergantung pada suhu.
·         Baik oksigen cair dan oksigen padat berwarna biru langit.

Kecenderungan Senyawa Oksigen
            Oksida-oksida logam elektropositif lemah seperti misalnya aluminium, seng, dan timah, bersifat amfoterik yaitu bereaksi dengan asam atau basa. Oksida-oksida nonlogam selalu terikat secara kovalen, untuk tingkat oksidasi rendah cenderung bersifat netral dan untuk tingkat oksidasi tinggi cenderung bersifat asam.
Keberadaan Oksigen di Bumi
          Menurut massanya, oksigen merupakan unsur kimia paling melimpah di biosfer, udara, laut, dan tanah bumi. Oksigen merupakan unsur kimia paling melimpah ketiga di alam semesta, setelah hidrogen dan helium. Konsentrasi gas oksigen di Bumi yang tidak lazim ini merupakan akibat dari siklus oksigen. Oksigen bebas juga terdapat dalam air sebagai larutan.

Manfaat Oksigen 
Air (H2O) adalah oksida hidrogen dan merupakan senyawa oksigen yang paling dikenal.Atom hidrogen secara kovalen berikatan dengan oksigen. Selain itu, atom hidrogen juga berinteraksi dengan atom oksigen dari molekul air lainnya (sekitar 23,3 kJ·mol1 per atom hidrogen). Manfaaat oksigen antara lain :
  1. Memperlancar Sistem Pencernaan
  2. Air Oxy Membantu Memperlambat Tumbuhnya Zat-Zat Penyebab Kanker
  3. Perawatan Kecantikan
  4. Untuk Kesuburan
  5. Menyehatkan Jantung, dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar